Tuesday, August 4, 2015

Pengertian penyakit Biduran Atau Kaligata

Pengertian penyakit Biduran Kaligata - Biduran dalam istilah kedokteran disebut urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan munculnya garis-garis merah atau putih dan terasa gatal. Garis-garis ini awalnya muncul di salah satu bagian dari tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab adalah Alergi. Ukuran dan bentuk dari garis-garis dapat bervariasi.

Dalam kasus urtikaria ruam atau gatal, tapi biduranakan juga dapat terasa perih atau menyengat. Gejala urtikaria bisa bertahan selama berjam-jam untuk beberapa hari. Urtikaria yang terjadi selama kurang dari enam minggu dirujuk sebagai urtikaria akut atau jangka pendek. Tapiada adalah juga kasus urtikaria berlangsung lebih dari enam minggu atau berulang selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kondisi langka ini dikenal dengan istilah atau urtikaria kronis jangka panjang.




Urtikaria kronis dapat ditafsirkan sebagai tanda penyakit lain yang sedang diderita. Misalnya, penyakit tiroid, tipe 1 diabetes atau lupus.

Biduran atau urtikaria terjadi lebih sering pada anak-anak dan wanita usia 30 sampai 60 tahun. Selain itu, orang-orang yang punya Alergi juga lebih beresiko mengalami hal itu.


Penyebab Biduran atau urtikaria


Munculnya garis-garis pada kulit itu dipicu oleh tingginya tingkat histamin dilepaskan ke dalam kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah menjadi santai dan diperlebar sehingga aliran darah meningkat. Dengan jumlah besar darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, kulit tampak memerah. Inilah kelebihan cairan yang menyebabkan pembengkakan kulit dan gatal-gatal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya Biduran:


  • Kontak dengan alergen atau pemicu, seperti lateks dan bulu.
  • Makanan adalah penyebab paling umum dari Biduran kacang-kacangan, coklat, hidangan laut, telur, gandum dan susu.
  • Hampir semua obat dapat menyebabkan urtikaria, misalnya antibiotik, aspirin, anti-inflamasi obat-hipertensi dan ibuprofen.
  • Bahan tambahan atau aditif makanan sebagai pemanis, rasa enhancer, pengawet, pewarna, pengental, dan lain-lain.
  • Infeksi seperti hepatitis dan demam kelenjar.
  • Gigitan serangga
  • Faktor-faktor lingkungan seperti kondisi cuaca atau terpapar pada panas dan dingin, paparan terhadap air tertentu, atau bahkan sinar matahari.
  • Stres.

Kadang-kadang kondisi kronis urtikaria penyebab pastinya tidak diketahui. Tapi beberapa faktor bisa memicu munculnya Biduran atau memperburuk gejala, minum minuman beralkohol atau minuman berkafein, merasa stres dan suhu udara panas.

Bagaimana mengenali Biduran atau urtikaria pada kulit


Biduran atau urtikaria dapat dipastikan dengan cara check garis atau ruam pada kulit secara langsung oleh dokter. Dokter akan bertanya tentang kondisi Biduran menderita. Mulai Kapan dan bagaimana Biduran muncul, dan apakah pasien telah mengambil obat-obatan atau makanan yang belum dikonsumsi sebelumnya, dan apakah ada perubahan pada keadaan lingkungan.

Cara mengobati Biduran atau urtikaria

Biduran atau urtikaria paling tidak memerlukan perlakuan khusus. Gejala ini biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Jika rasanya sangat mengganggu, antihistamin obat dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatalnya. Untuk kasus yang lebih parah, menggunakan tablet kortikosteroid.

Biduran atau urtikaria dan penyakit yang menyertai

Angioedema adalah pembengkakan lapisan kulit yang lebih dalam. Bengkak ini biasanya terjadi pada mata, bibir, dan alat kelamin.

Urtikaria juga dapat menjadi bagian dari gejala anafilaksis. Anafilaksis merupakan reaksi alergi yang parah dan terjadi tiba-tiba untuk dapat menyebabkan kematian. Kondisi ini dianggap keadaan darurat karena beberapa gejala yang ekstrim. Berikut ini adalah gejala anafilaksis:


  1. Pembengkakan kelopak mata, bibir, tangan dan kaki.
  2. Sesak nafas yang disebabkan oleh penyempitan saluran.
  3. Sakit perut dan muntah.

Ku-Gold: Berapa Botol / Nama / Alamat Lengkap / No.telpon Rumah - Nomor HP
kirim ke
Wa - Sms - tlp

085322489000
Pin BB : 59888F38
Load disqus comments

0 comments